Tips Lolos Copyright Youtube, Ternyata Caranya Gampang!



Lolos Copyright Youtube 


Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mengatasi sebuah claim dari penggugat melalui youtube content ini, namun banyak sekali pemula yang baru mendalami youtube tidak tau dan tidak mau tau tentang satu ini. Ada banyak cara untuk mengakali hal tersebut, mulai dari mengajukan banding maupun mencegah claim dengan mengedit content sebelum di uploud. 



  

Cara Menghindari Hak Cipta Video Youtube 

Youtube memang punya fitur editing sound and audio sendiri tapi kabarnya bulan september 2017 ini bakal dihilangkan dengan alasan sepi peminat, yah karena tampilanya monoton dan tidak cocok dinamai fitur editing. 

Awalnya fitur ini ada karena youtube paham sekali masalah video gagal di monetisasi adalah music yang ada di video tersebut melanggar hak cipta dengan kata lain video tersebut menggunakan musik musik seperti lagu barat, lagu indonesia dan lagu lagu yang di komersilkan oleh produser musik.


Itu juga salah satu upaya youtube untuk melindungi para produser musik dari tindak bajakan.selain itu youtube juga menghadirkan seperti lediting ighting,kontras dan masih banyak lagi termasuk fitur cut editting. 
Baik langsung saja kita bahas Cara Menghindari dan membebaskan claim hak cipta:

  • Gunakan Lagu bebas Hak Cipta di Youtube

Bisa dibilang cara ini paling mudah. Kamu tinggal pilih lagu di youtube Free Audio Youtube. Ada banyak chanel yang menyediakan lagu gratis bagi siapapun tanpa claim tapi dengan kekurangan lagu tak terlalu menarik.



Bisa juga kamu memakai lagu terkenal dengan catatan kamu minimal bisa menggunakan aplikasi editing audio visual yang mumpuni untuk mengakali sistem claim copyright.

  •  Edit Pencahayaan Video




Untuk mengedit pencahayaan pada video youtube seperti kontras dan lain lain, sama seperti mengedit musik di youtube, caranya sangat mudah, kalian cukup menggunakan fitur yang disediakan youtube di menu creator studio dan pilih pengeditan video, nah untuk membuat video terlihat lebih fresh sehingga tidak terkena hak cipta kamu harus mengedit setotal mungkin atau setidaknya memiliki perbedaan yang cukup besar dari video aslinya 




Namun tetap perhatikan kualitas videonya, jangan sampai mengedit total dan hasilnya 100% berhasil alias tidak terkena hak cipta youtube eh malah kualitas videonya jelek, ini malah akan berdampak buruk pada channel video youtube kalian.

Kalau untuk lebih bagusnya mending edit manual aja menggunakan aplikasi edit video seperti after effect atau adobe premier dan software editing video lainnya yang menurut kalian penggunaanya mudah, dan agar lebih bagus lagi mending potong beberapa bagian video yang menurut kalian tidak penting agar durasinya tidak sama persis dengan video aslinya


 

  • Ubah Thumbnail Video


Apa itu Thumbnail? Thumbnail adalah ikon atau gambar video sebelum ditonton. youtube tidak terlalu berpengaruh sih pada video youtube. 

Hal ini hampir tidak ada hubunganya dengan claim, karna claim tidak memandang Thumnail suatu video. Intinya buatlah gambar tersebut semenark mungkin agar banyak yang berniat menonton konten kamu.

 

 

  • Saat Upload, Jangan Langsung "Publik"

Tips agar video youtube tidak terkena hak cipta selanjutnya adalah jangan mengupload video dengan langsung mengaturnya sebagai publik, upload saja terlebih dahulu sebagai "Privasi" biar youtube tidak langsung meneliti video kalian, diamkan dulu menjadi privat selama 1-3 hari lalu setelah itu atur video tersebut menjadi public dan baru untuk di monetisasikan, dan untuk lebih bagusnya lebih baik kalian tambahkan kategori atau lokasi video youtube anda dengan jelas, pilih negara tempat kalian upload dan ingat, jangan gunakan anonymox di browser karena itu akan membuat ip komputer kamu terdeteksi dari negara luar yang nantinya akan membuat kamu dianggap melakukan tindak yang tidak sesuai aturan youtube


  • Jangan Langsung di Monetisasi



Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saat upload video youtube, hilangkan nafsu kalian untuk memonetisasi video youtube kalian untuk beberapa saat, tenang saja karena saat kalian upload video, tidak mungkin video tersebut akan langsung ditonton banyak orang. 

Kecuali kalau video kalian benar benar 100% original dan berpotensi viral seperti video heboh suatu peristiwa baru atau lainnya. Diamkan dulu selama 1-3 hari lalu setelah itu silakan atur video youtube kalian agar di monetisasi.

Walaupun trik dan tips diatas berpotensi video youtube yang kalian upload tidak terkena hak cipta karena video youtube yang kalian upload juga berasal dari youtube juga yang tentunya sudah terlindungi hak cipta. 

Namun cara itu tidaklah 100% berhasil, saya mengatakan ini agar Kamu tidak terlalu berharap pada video-video tidak original yang bisa mendapatkan uang karena dimonetisasi. Ingat! dimana-mana yang original itu jauh lebih bagus dan disukai, tidak terkecuali pihak youtube.

Mereka lebih suka pada video yang ASLI dibuat dengan karya kita sendiri sebagai youtuber, apalagi itu bertujuan untuk menghasilkan uang dari youtube.

Daripada repot repot mencari trik-trik untuk mengakali video youtube agar tidak terkena hak cipta, mending Kamu mulai berfikir membuat konten video youtube dengan ide dan tangan kamu sendiri dan sekiranya video kalian ditonton banyak orang. 

Menurut Shalsabila TV, promosi memang penting, namun upload video berkualitas secara konsisten jauh lebih penting karena itu merudasi dari sebuah kesuksesan menjadi youtuber.




Posting Komentar

1 Komentar