Pengalaman Menulis di Kaskus, Suka dan Duka Seorang Kaskus Kreator, Berapa Bayarannya?



Jadi Inilah 'Honor & Horor' Menjadi Penulis di Kaskus


Menulis itu punya banyak tujuan dan motifasi, bisa hobi atau fee. Penulis bisa dapet honor atau malah dapet horor, ane bahas salah satunya dulu yaitu honor/upah sebagai imbalan atas jasa dan kerja keras sang penulis. 

Sesuai dengan kebijakan Forum kaskus yang memberi honor ke kepada para kreatornya dalam besaran yang berbeda berdasarkan view dan poin. Dalam hal ini nilai dari view diubah menjadi poin lalu diubah lagi menjadi uang, contohnya 1000 view = 100 poin dan 100 poin = Rp. 1.000, gampangnya 1 view bernilai 1 rupiah. Mungkin banyak dari agan menyimpulkan itu jumlah yang sedikit tapi uang tetaplah uang, iya nggak?


Baca juga: Ingin Menabung Rp 10 - 100 Juta Dalam Setahun? Begini Caranya!


Jadi Inilah 'Honor & Horor' Menjadi Penulis di Kaskus



Jadi, kalau ente menulis di Kaskus, ente bisa dapat honor atau sebaliknya “horor?” Rasa takut, khawatir, atau deg-degan tulisan ditolak (gak lolos review)? Secara pribadi nih, ane sendiri sudah mengirimkan beberapa thread ke Kaskus. Namun, ane masih sering di tolak. Semacam rasa “horor” atau cobaan dalam menulis-lah.hehe! (Istilah penulis di kaskus adalah kaskus kreator)

Jadi Inilah 'Honor & Horor' Menjadi Penulis di Kaskus

Penolakan inilah yang jadi momok menakutkan bagi penulis pemula, salah satunya adalah ane sendiri. Pasalnya, kadang penolakan itu dianggap bersifat umum. Masih ingat rasanya kalau agan ditolak waktu nembak gebetan? 


Baca juga: Kenapa Orang Berkepribadian Introvert Mudah Lelah Saat Berada di Keramaian?

Rasanya hampir sama lah gan 11-12 haha. Kalo udah dapet PM penolakan biasanya ane beranggapan serba kekurangan dalam segala hal. Perasaan itu makin lama makin kuat kalau terus ditolak. Untuk itu honor (upah, hadiah) dan horor (takut, cobaan) dalam menulis perlu agak di kesampingkan, agar mentalitas terbangun dulu! Dengan sendirinya, nilai material akan menyusul.



Gaenaknya nulis di kaskus atau jadi seorang kaskus kreator adalah waktu ane bikin thread/artikel di nyatakan 'Tidak Lolos review' tapi malah tayang di halaman utama dan viewnya puluhan ribu. Tentu saja ane gak dapet apa-apa dari artikel tersebut. Tapi gapapalah kan Sharing is Caring, berbagi artinya peduli.

Enaknya kaskus itu bahasanya gan! Luwes banget, enak banget, gak perlu EYD jadi kayak kita japri via wasap cuy. Para kreator memiliki bahasa yang gokil abis dan gak monoton itulah yang menjadi alasan banyak orang betah nongkrong di forum ini, sebaiknya jika agan masih newbie soal nulis mending nulis di kaskus dulu buat belajar untuk nulis di platform lainya.

Tentu saja banyak Konten Kreator yang dapet “honor” di Forum ini, mereka para senior, para sesepuh yang punya komitmen tinggi dalam urusan tulis-menulis mereka layak jadi panutan bagi pemula seperti ane. 


Baca juga: Daftar 10 Makanan yang Membuat Otak Kita Cerdas

Singkat kata, itulah sedikit hal yang ane tau soal honor dan horor nya jadi penulis pemula, maapin ya kalau banyak salah. Bagian terpenting adalah 'Nulis Aja' lolos gak lolos urusan belakangan, duitnya dikit? inget uang tetaplah uang, kalau tetep gak dapet uang? paling ngga kan dapet pengalaman. 

Posting Komentar

0 Komentar