Kupas Tuntas Silk Road, Situs Nomor 1 di Deep Web



Sebelum masuk ke inti pembahasan, sebaiknya kita perlu tahu bahwa Silk Road ada di dalam Deep Web atau Dark Net. Jadi jangan asal coba-coba memasukinya.

Pertama, Deep Web bukanlah forum, blog, situs, atau media sosial. Deep web adalah Internet itu sendiri.Semua informasi yang bisa kamu ketik dan cari di google, seperti instagram, facebook, kaskus, dan lain lain itu hanya secuil saja, hanya 4% dari keseluruhan Internet. 96% nya dimana? ada di Deep Weeb.

Mungkinn bisa di asumsikan bahwa internet yang kita ketahui ibaratkan bumi dan Deep Web adalah tata surya.

Kenapa masih banyak orang tak tahu deep web? karena dimanapun kamu mencari, tidak akan bisa menemukannya. Kecuali menggunakan TOR Browser, sebagai teknologi tak terlacak.
Sedangkan Silk Road bisa di ibaratkan sebagai kaskus dan amazon-nya Deep Web tapi berkali lipat lebih besar dan lebih canggih. 


apa itu slik road


Apa yang bisa ditemukan di Silk Road?

Banyak sekali yang bisa ditemukan disana, seperti dokumen rahasia/ilegal, pembunuh bayaran, buku/thread tempat diskusi macam kaskus dan yang paling laris di sana adalah narkoba.

Keberhasilan Silk Road disebabkan oleh kombinasi inovatif dari TOR dan Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital dengan kode kriptografi yang mustahil untuk dilacak. Bitcoin adalah mata uang paling ideal bagi Silk Road.

Silk Road seakan mencerminkan upaya paing berani untuk menjalankan dan menjual obat-obatan terlarang secara online dan terang-terangan. Ini adalah hal paling berani yang pernah ada.Bisa dibilang Silk Road mempecundangi aparat hukum, entah siapapun itu.

Silk Road bukan hanya sekedar narkoba, Silk Road adalah forum terbaik yang ada di Deep Web. Ada banyak thread yang memfasilitasi jutaan usernya untuk berdiskusi tentang politik dan filosofis. Ini adalah komunitas dengan orang berfikiran luas.

Silk Road seakan akan tak punya pemimpin, melainkan komunitas itu sendiri yang menjalankan sekaligus mengembangkannya. Luar biasa bukan?
Setahun setelah Silk Road dibuat, tepatnya pada tahun 2012 ada seorang admin 'annonimous' membuat pengumuman.

"Aku perlu identitas, terlepas dari situs ini dan perusahaan yang hanya aku yang menjalankan. Aku butuh nama.... Nama baruku adalah Dread Pirate Robert (DPR)"

Dread Pirate Roberts diambil dari karakter fiksi dalam novel dan film 'The Princess Bride'. Tapi pilihan nama ini tidak asal-asalan. Nama Dread Pirate Roberts adalah nama samaran yang diturunkan secara turun-temurun, seperti raja mewariskan tahtanya kepada pangeran.

Pada tahun yang sama (2012) seorang intelejen yang mempelajari Silk Road berhasil membujuk Dread Pirate Robert untuk di wawancara setelah membujuknya ratusan kali.

Hasilnya diketahui bahwa dia bukan pencipta SIlk Road melainkan pendahulunya, itu artinya dia bukan yang pertama menyandang gelar DPR tapi nama itu diberikan oleh pendahulunya.
Dia hanya menggabungkan Bitcoin dengan TOR untuk menciptakan pasar tak terlacak.

DPR sangat tertutup mengingat dia diburu semua lembaga hukum dunia. Silk Road menjual hampir semua barang ilegal, tapi mereka punya aturan yaitu semua barang tak boleh digunakan kepada orang tak bersalah dan tak boleh membawa orang tak bersalah ke dalam pasar. Tak ada yang menyalahi aturan itu di Silk Road.

DPR meyakini bahwa manusia berhak bebas dalam urusan privacy yang tak boleh pemerintah ketahui, Silk Road menyediakan kebebasan itu. Dia punya pesan penting dan ini saatnya bagi dunia untuk mendengarkan.



Berlanjut ke bagian 2 ya gan. . . Nanti saya update









Posting Komentar

0 Komentar