Misteri Alas Purwo, Hutan Paling Angker di Jawa Tengah



Sebuah misteri masih menyelimuti sebuah hutan bernama alas purwo, tepatnya di kecamatan Tegaldlimo, kabupaten Banyuwangi. Hutan yang memiliki luas sebesar 434 km ini merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia.

Selain dikenal dengan cagar alam yang indah. Hutan Purwo juga dikenal dengan hutan terangker dan menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. Dipercaya bahwa hutan ini adalah tempat berkumpulnya jin seantero nusantara.





Lantas, kenapa bisa disebut sebagai hutan paling angker di Jawa? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya. Konon sejak sebelum masa penjajahan tidak ada satu orang manusia pun yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki hutan Purwo ini.


Karena mitos gaib yang melegenda, banyak orang yang bersemedi menimba ilmu gaib di sana. Apalagi saat malam satu suro, banyak orang yang bersemedi disana, mulai dari yang sekedar mencari wangsit sampai yang mencari ilmu hitam.








Konon katanya, presiden pertama kita yaitu bapak Soekarno pernah terlihat bersemedi disana, kabarnya, bung Karno bersemedi untuk menemui penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

Selain sering dijadikan tempat bersemedi, Alas Purwo juga sering dijadikan sebagai tempat untuk meminta berkah dan kekayaan atau pesugihan kepada para penunggu hutan tersebut.

Masih menurut warga disekitar, gua Istana adalah tempat yang paling sering dikunjungi untuk bersemedi meminta berkah dan kekayaan. Disinilah bung Karno bertemu dengan penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Pada jaman dahulu goa istana digunakan oleh para raja untuk berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri.


Selain itu, di Alas Purwo juga ada sebuah makam sepanjang 7 meter yang disebut makam Mbah Dowo. Makam Mbah Dowo tersebut isinya bukan jenazah manusia, melainkan sebuah pusaka berupa tombak milik Empu Barada. Makam ini juga sering dijadikan tempat bersemedi untuk tujuan pesugihan.


Alas Purwo juga diyakini sebagai salah satu tempat berkumpulnya banyak jin di pulau Jawa. Jin inilah yang dituding sebagai penyebab banyaknya orang hilang disana.




Bahkan para orang pintar mengatakan bahwa Alas Purwo berbahaya untuk dikunjungi, sebab bila sampai menyinggung penghuni gaib Alas Purwo, maka bakal disesatkan sampai tidak bisa kembali.

Bagi orang yang pernah menginjakan kakinya di Alas Purwo mengaku melihat penampakan-penampakan penunggu hutan angker tersebut, mulai dari Kuntilanak, Genderuwo, dan mahkluk halus lainnya.

Hal tersebut memang bukanlah hal yang aneh, sebagai tempat berkumpulnya makhluk halus, tentu banyak jenis makhluk halus, baik yang sengaja maupun tidak sengaja terlihat oleh kita saat mengunjungi hutan angker tersebut.



Nah, itulah beberapa alasan kenapa Alas Purwo disebut sebagai hutan paling angker di pulau Jawa. Walau banyak yang cerita kalau tempat ini angker, tapi sebenernya masih ada keindahan dibalik hutan ini.





Posting Komentar

0 Komentar